sumber:kemenkes

Makassar, EBS FM — Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.B.M.M., Subsp. Ortognat-D (K), resmi dilantik sebagai Ketua Kolegium Bedah Mulut dan Maksilofasial serta Anggota Kolegium Kesehatan Indonesia di Gedung Sujudi, Senin (14/10).

Dalam pemilihan yang digelar pada 27-28 September 2024, Ruslin meraih 331 suara atau 80,5% dari total 411 suara, mengungguli enam kandidat lainnya.

Saat ini, Ruslin menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas). Ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas periode 2019-2022 dan diangkat sebagai Guru Besar pada 2022. Pengalaman dan prestasinya membuatnya diandalkan untuk mengembangkan bidang bedah mulut dan maksilofasial di Indonesia.

Sebagai ketua baru, Ruslin akan memimpin kolegium dalam merumuskan standar kompetensi dan kurikulum pendidikan spesialis bedah mulut, serta mengawasi pelaksanaannya. “Kolegium ini diharapkan dapat memperkuat profesionalisme dan meningkatkan kualitas tenaga medis di bidang bedah mulut dan maksilofasial,” ujarnya. Pelantikan ini menjadi langkah penting untuk memastikan mutu pendidikan dan layanan medis semakin berkualitas dan berstandar tinggi.

Mutiara Nur Parindingan